Organisasi Kampus Itu Jembatan Emas Menuju Sukses


NO- Peran organisasi mahasiswa memanglah sangat penting dalam menumbuh kembangkan soft skill individu mahasiswa. Selain bergelut dalam dunia politik kampus, juga melatih mental dan pengetahuan dalam memimpin sebuah lembaga. Kecerdasan dan pengalaman pemimpin yang telah dimiliki saat mahasiswa, dapat menjadi jembatan emas kepada setiap individu untuk melangkah memimpin negeri.
Demikian yang disampaikan wakil dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH-UMY) Dr. Khairuddin Khamsin, SH. Dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa (SM) FH UMY periode 2013-2014. Pelantikan ini merupakan puncak kegiatan dari rangkaian acara pemilihan Ketua Badan Eksekuif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa (SM). Acara pelantikan tersebut bertempatan di Gedung Student Center UMY. Sabtu (1/6).
Khairuddin menjelaskan, bahwa diumur yang masih muda, harus mengambil kesempatan selebar-lebarnya untuk mencari ilmu kepemimpinan yang baik, dan juga mental yang harus terus dilatih, karena pemimpin itu tidak cukup hanya dengan kepintaran, tetapi juga dibutuhkan kecerdasan yang mumpuni, “Teman-teman (Mahasiswa-red) yang hadir disini, silahkan berkontribusi untuk fakultas hukum kita, dan gunakan kesempatan ini untuk teman-teman menambah ilmu kepemimpinan, selain itu juga teman-teman harus semangat untuk melatih mental dan kecerdasan intelektual, karena itu yang pasti dibutuhkan disaat teman-teman memimpin Negara ini kelak,” ungkapnya.
Berbeda dengan khairuddin, dalam sambutanya ketua BEM terpilih Musa Akbar menyampaikan, bahwa keberhasilan suatu organisasi dalam menjalankan programnya tidak hanya tergantung pada ketuanya saja, tetapi juga dari bagaimana pengurus dan semua anggota mampu untuk bersinergi dalam menjalankan mekanisme organisasi. “Perlu kita sadari bersama bahwa keberhasilan suatu Organisasi BEM dan SM ini tidak semata-mata tergantung kepada ketuanya saja, tetapi juga yang menentukan adalah bagaimana kita mampu antara pengurus dan anggota bersinergi dengan baik dalam menjalankan mekanisme organiasasi BEM dan SM FH UMY ini, saya sangat optimis dengan kehadiran kawan-kawan disini, kita mampu,” ujar Musa.
Dilain pihak, ketua SM terpilih menambahkan, organisasi mahasiswa tidak hanya untuk menjadi wadah untuk anggotanya saja, tetapi juga fungsi sebenarnya adalah untuk mewadahi mahasiswa Hukum secara menyeluruh, tanpa ada sekat-sekat suku, maupun idealisme yang berbeda “Jadikanlah senat ini sebagai wadah untuk seluruh mahasiwa Fakultas Hukum, karena SM ada tidak hanya untuk anggota maupun pengurus SM saja, tetapi yang terpenting adalah SM ini di mamfaatkan oleh seluruh mahasiswa fakultas hukum untuk menyampaikan aspresiasinya,” tutur Ilham pada sesi akhir acara. (Shidqi)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar