Job and Industrial Fair 2013 UMY

NO- Melalui Career Development Center (CDC) UMY dan Keluarga Besar Alumni UMY, menyelenggarakan “Job & Industrial Fair” dengan tema ”Memfasilitasi Mahasiswa, Alumni dan Dunia Kerja” dibantu dengan media partner jobstreet, bertempat di lantai dasar masjid KHA Dahla, di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada hari Selasa – Rabu, 11-12 Juni 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB.
Job & Industrial Fair UMY 2013 terbuka untuk umum, mahasiswa, alumni dan khususnya untuk mahasiswa alumni UMY sendiri, sehubungan dengan Wisuda UMY periode III pada 15 Juni 2013 mendatang. Job Fair yang diadakan ini bertujuan untuk menjebatani institusi atau perusahaan pencari tenaga kerja dengan tenaga kerja berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan, baik melalui rekrutmen langsung maupun dengan pendaftaran offline. Yang secara tidak langsung kegiatan Job and Industrial Fair 2013 UMY dapat membantu pemerintah, dalam mengurangi jumlah tingkat pengangguran di Indonesia.
“Tujuan utama adanya job fair ini, membantu alumni dari UMY dan perguruan tinggi luar UMY dalam rangka menjebatani atau mempertemukan jobseeker dengan perusahaan, instansi dan yang membutuhkan tenaga kerja professional. Jika tujuan ini tercapai sama dengan membantu pemerintah mengatasi pengangguran”, Kata Muhammad Basuki, Ketua penyelenggara Job & industrial Fair 2013 UMY.
Peserta (perusahaan atau instansi) yang diperkirakan sebelumnya akan diikuti sebanyak 16 perusahaan ternyata mengalami peningkatan jumlah menjadi 20 perusahaan. Hal ini yang menjadi alasan mengapa acara Job & Industrial Fair dipindah yang semula di Hall Gd. AR. Fakhrudin B menjadi di lantai dasar masjid KHA Dahlan UMY.
20 Perusahaan atau intansi yang berpartisipasi diantanranya adalah BTPN Syariah, Generally insurance, Best Agro International, Bank Syariah Mnadiri, Teladan Prima Group, BNI Life, Bank BTN, Mutual Plus, PT Paragon (PTI), BRI Syariah, Pharos, Sahid Rich Hotel, Republika, Konimex, Harian Jogja, Asia Outsourcing Service, Jawa Pos, Bank Danamon, ADiTV, dan Hotel Muncul.
“Tahun lalu sempat vakum, adanya tahun 2011 kemarin. Tahun ini lebih meningkat dari tahun kemarin, bisa dua kali lipatnya untuk jobseeker dan peserta. Dulu pesertanya hanya sekitar 10 perusahaan”, jelasnya.
Tercatat 700-1000 jobseeker yang telah meng-input data kedalam job street selama 2 hari kegiatan Job & Industrial Fair. Namun karena tempat kegiatan Job & Industrial Fair di lantai dasar Masjid KHA Dahlan, yang jalan untuk menuju tempat tersebut bisa dari mana saja (dari lantai atas dan samping), ada beberapa yang lolos tidak terdata. Kemungkinan bila terdata semua, ada sekitar 1400-1500 jobseeker, artinya target tercapai dari perkiraan ada 1500-2000 jobseeker yang datang.
Rencananya akan diadakan Job Fair setahun sekali. Namun pada tahun 2013 ini akan dilakukan dua kali yakni tanggal 11 – 12 Juni 2013 kemarin, di lantai dasar KHA Dahlan UMY dan tanggal 8, 9, 10 Oktober 2013 di Sportorium UMY yang akan bekerja sama dengan Disnakertrans Provinsi dan kemunginan akan lebih banyak pesertanya mencapai 50-70 (Perusahaan atau instansi). Belum ada tema yang pasti untuk Job Fair Oktober nanti, karena masih akan dirapatkan. Dan dalam Job Fair Oktober mendatang, usaha yang dimiliki mahasiswa bisa ditampilkan, yang kemarin tidak jadi karena tempat tidak memungkinkan.
“Temanya belum, karena rencana mau dibahas setelah acara Job fair ini dan tergantung dengan rapatnya nanti”, jelasnya. (Aviq)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar