SEKOLAH PASAR MODAL: Mari Investasi

NO- Bekerja keras dan belajar untuk menjadi investor muda, seperti itulah yang disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, dalam acara Sekolah Pasar Modal di AR. Fachruddin B UMY. Selasa (14/05). Acara yang diadakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UMY dan Galeri Investasi Buersa Efek Indonesia diikuti oleh 250 peserta serta berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 14-15 Mei.
Sekolah pasar modal ini dihadiri oleh Tim Edukasi dari Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonsia KPEI, Analyst PT First Asia Capital Indonesia serta Brance Manager PT First Asia Capital Yogyakarta
Syarifuddin selaku pembicara dari Kustodian Sentral Efek Indonesia KSEI mengungkapkan bahwa jumlah investor di Indonesia sebanyak 350.000 dikategorikan sedikit jika dibandingakan dengan jumlah penduduk Indonesia yang tergolong masyarakat konsumtif. Masyarakat awam mengeria menanam investasi itu tidak aman sehingga jumlah investor di Indonesia sedikit. Beliau meyakinkann “investasi dalam bentuk saham itu jelas, kuncinya adalah paham tentang cara menanam saham”. Harapannya setelah acara sekolah pasar modal  ialah semakin banyak yang mau berinvestasi, tambah Syarifuddin.
Dalam diskusi sekolah pasar modal, Bapak Irvan Noor Riza selaku perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan serta komitmen  pengolahan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa mendatang.
Noor Riza mengatakan di Yogyakarta banyak kasus investasi bodong, hal inilah yang menyebabkan masyarakat tidak mau investasi saham. Beliau menambahkan manfaat investasi dalam bentuk saham pertama, proteksi terhadap gejolak inflasi (melindungi kekayaan/aset), kedua, peningkatan nilai kekayaan/aset di masa yang akan datang, ketiga, mengantisipasi ketidak pastian pendapatan di masa yang akan datang.
“Acara tersebut sangat mengesankan dan bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa yang ingin sukses kedepanya dalam investasi” kesan Handy Yuniar salah satu perserta  sekolah pasar modal. Tanamkan jiwa investor sedini mungkin agar kita kelak kita bisa menikmati hasil kerja keras dan usaha kita, imbuh mahasiswa jurusan Akuntansi UMY 2011. (Mujib)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar