HI UMY Cetus Program Academic Writing

NO- Mengingat pentingnya suatu penulisan, ditambah lagi tulisan merupakan bagian dari perkembangan suatu perabadan. Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY), mencetus program Academic Writing untuk mahasiswa HI setiap tahunnya. Sedangkan untuk tahun ini diadakan pada tanggal 13-17 Mei 2013, diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2012.
Kepala jurusan HI UMY Dr. Ali muhammad mengatakan bahwa, Academic Writing merupakan langkah jurusan HI untuk memberikan pelatihan kepenulisan ilmiah yang lebih pada mahasiswa. academic Writing akan dilalui oleh setiap mahasiswa sekali selama kuliahnya di HI UMY. “Academic Writing akan dilalui nantinya oleh setiap mahasiswa baru HI UMY, dimulai dari angkatan 2012 hingga seterusnya”, ungkap Kajur HI UMY ini saat ditemui, Sabtu (18/5).
Ali Muhammad menjelaskan bahwa pentingnya penulisan ilmiah bagi mahasiswa, bukan hanya dalam penyelesaian skripsi, akan tetapi juga dalam penulisan paper, makalah dan lainya. Selain itu adanya wacana dari DIKTI tentang keharusan mahasiswa menuis dalam suatu jurnal, syarat tersebut diwacanakan DIKTI untuk mahasiswa strata satu (S1) sebelum menempuh wisuda. “Academic Writing kita siapkan untuk membina mahasiswa HI untuk lebih memahami penulisan ilmiah. selain itu jika wacana DIKTI tentang kewajiban jurnal dilaksanakan, kita sudah siap untuk menjalankannya, akan tetapi wacana itu lasih kontroversi”, jelasnya.
Selain itu, pentingnya Academic Writing ini bagi mahasiswa juga sebagai pencegahan adanya plagiarisme atau pelanggaran hak cipta dan karya. Sebagaimana isu plagiarisme menjadi masalah serius dalam dunia akademik, terkait hak kekayaan intelektual (HAKI). “untuk menghindari plagiarism juga menjadi tujuan dari adanya program ini, dalam pelatihan tersebut kita membagi beberapa sesi, seperti sesi pengenalan penulisan ilmiah, moral dalam dunia penulisan seperti menghindari plagiat dan lainnya”, terang Ali Muhammad.
Ali Muhammad juga menambahkan bahwa saat ini HI UMY telah mengumpulkan tulisan dan karya mahasiswa. karya yang dikumpulkan tersebut akan dipublikasikan, baik itu dalam bentuk jurnal, majalah, media online dan lainya.” Saat ini kita telah kumpulkan tulisan mahasiswa HI UMY yang terbaik, yaitu dalam bentuk jurnal, tugas akhir, dan tulisannya. Rencananya dalam waktu dekat kita kan publikasikan, supaya dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia”, tambahnya. (Syah)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar