Gebrakan Membangun Pertanian Lewat Gebyar Agriculture


NO- Pada saat harga pangan naik, sektor pertanian menjadi tranding topik  dalam kurung waktu beberapa minggu ini. Dalam rangka Milad UMY  yang ke 32, DEMA(Dewan Mahasiswa) Fakultas Pertanian mengguncang UMY dengan  melaksanakan  kegiatan tahunan  Gebyar Agriculture. Yang berlangsung di gedung F4 Fakultas Pertanian UMY, Sabtu (30/3).
Ketua panitia Toha Purnama mengatakan, Gebyar Agriculture yang ke dua ini  bertemakan Preparing Agricultuture to Get Identity of Indonesia. ”tujuan dari ifen ini adalah ajang promosi dari mahasiswa yang membuat produk agribisnis secara  inovatif dan menumbuhkan minat dan bakat para siswa Sma untuk bidang pertanian lewat perlombaan makalah”,ungkapnya.
Selain itu Toha juga menambahkan  tujuan dari   Bazar produk Agribisnis adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan terhadap mahasiswa fakultas  pertanian ,Produk yang di jual sepeburti olahan pangan, kerajinan tangan, dan pembuatan stiker yang bertemakan pertanian.
 “tiga hari saya dan teman-teman menyiapkan produk ini untuk di jual, ada krepek telo,krepek kentang dan es buah”, tutur Hanif. Mahasiswsi Agribisnis angkatan 2012 yang ikut bepartisipasi di Bazar produk agribisnis. Disisi lain ia mempunyai motivasi untuk memperkenalkan produk agribisnis dan belajar berwirausaha.
Sedangkan pengunjung merasa puas dengan suguhan yang disajikan panitia, dalam bentuk penjualan di bazaar tersebut. ”makanannya enak-enak”, ungkap Dwi, Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang membeli makanan di Bazar tersebut.
 Gebyar Agriculture beakhir dengan pengumuman pemenang perlombaan pembuatan makalah yang di ikuti oleh Sma Negeri 1 Bantul, SMA Muhammadiayah 3 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Tasikmalaya, dan Madrasah Mualimat Yogyakarta.Sebelum kegiatan berakhir seluruh peserta di hibur dengan Stand Up Comedy oleh mulyo mahasiswa fakultas pertanian, suasanapun berubah menjadi ramai karna aksi Mulyo yang sangat lucu.Hasil pengumuman juara 1 dalam lomba tersebut ialah, SMA Negeri 1 Bantul dengan judul makalah “mie jako” ,poin yang mereka raih yaitu 800, Juara 2 diraih oleh Madrasah Mualimat dengan raihan poin 978, judul makalah yang mereka usung ialah “kertas eceng gondok”, dan juara 3 dengan poin 763,makalah berjdul “cokies spon sago” di raih oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.’’kami akan terapkan apa yang kami dapat hari ini ke teman-teman sekolah yang lainnya”,tutur Ghursina Hibatul salah satu anggota kelompok dari SMA Negeri 3 Yogyakarta yang meraih juara 3.
Dekan Fakultas Pertanian Ir.Sarjiyah Sumarlan,M.S  menagatakan secara rutin Gebyar Agriculture akan dilaksanakan oleh mahasiswa dan Fakultas Pertanian.”Serangkaian kegiatan pada hari ini bertujuan untuk membentuk rasa kepedulian terhadap pertanian diisisi lain siswa SMA dan mahasiswa Fakultas   Pertanian sangat kreatif,inovatif, dan kritis terhadap permasalahan yang sedang di hadapi pertanian”. Ungkapnya. (idr)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar