1 (Satu) Buku Untuk Indonesia


NO- Mengusung jargon “Rebukuisasi” yang kurang lebih berarti berbuku kembali, Sabtu, 21 April 2013, pukul 19:00-21:00 WIB, para pemuda-pemudi yang tergabung dalam Komunitas 1 Buku Untuk Indonesia melaksanakan agenda penukaran buku bertempat di pelataran trotoar Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta dalam memperingati Hari Bumi yang jatuh di esok hari tanggal 22 April  2013.
Sesuai dengan nama agendanya yaitu “penukaran” buku, dengan senyum ramah para anggota komunitas tersebut menerima setiap pihak yang ingin menyumbangkan buku mereka. 1 buku yang disumbangkan akan  ditukar dengan satu bibit pohon, dan 3 buku yang disumbangkan dapat ditukarkan dengan tas belanja yang keren.

Buku-buku yang telah dikumpulkan pun terdiri dari berbagai jenis, mulai dari novel, majalah anak-anak. buku  remaja, hingga jurnal pendidikan. Semua kategori tersebut pun nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah dan pihak-pihak yang membutuhkan. Pemilihan buku sendiri sebagai media tukar memiliki alasan khusus bagi komunitas 1  Buku.

“Komunitas 1 Buku merupakan komunitas yang berkecimpung dalam proses pengumpulan dan pendistribusian buku. Buku yang kita diketahui sebagian besar merupakan hasil olahan dari pohon, mendorong kami untuk lebih memanfaatkannya dengan menerima donasi buku dari masyarakat yang kemudian kami salurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan”. Tutur Nita selaku Ketua Pelaksana agenda.
Penyaluran Buku yang dilakukan oleh komunitas yang berdiri pada tanggal 11 November 2011 tersebut pun tidak hanya melingkupi daerah Yogyakarta sebagai Kota didirikannya komunitas tersebut, tetapi penyaluran pun hingga ke daerah-daerah pelosok Indonesia, seperti Kota Poso, Sulawesi tengah.

Tidak lupa Nita dan kawan-kawan komunitas 1 buku mengajak semua masyarakat untuk lebih peduli terhadap keadaan lingkungan dan mencintai buku. “Ayo tanam kembali bibit-bibit pohon yang sudah mulai gundul di hutan kita dan tetap sumbangkan buku kita untuk anak-anak yang membutuhkan karena hanya dengan buku, kita akan melihat indahnya dunia”. Tandas Komunitas 1 Buku.  (Jey)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar