Periksa Gigi Gratis di Hari Gigi Sedunia


NO- Dalam rangka memperingati  World Oral Healt (WOH) atau yang lebih dikenal “Hari Gigi Sedunia” ,  Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HIMAKAGI UMY) memberikan pelayanan pemeriksaan dan konsultasi gigi gratis kepada seluruh masyarakat kampus, sekaligus bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Hal tersebut diungkapkan Rifki Rahmawan selaku ketua HIMAKAGI UMY saat ditemui di stand pelayanan pemeriksaan gratis gigi dan mulut, yang bertempat di kantin Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIPOL) UMY, Rabu (20/3).
Menurut Rifki, program  ini juga merupakan salah satu upaya dari mahasiswa kedokteran gigi UMY untuk mensosialisasikan, serta melihat seberapa besar tingkat kesadaran mahasiswa terhadap kesehatan giginya.
 “Dari banyaknya mahasiswa yang datang untuk berkonsultasi, ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran dari beberapa mahasiswa fakultas sosial akan kesehatan giginya  sudah lumayan tinggi,” jelasnya.
Untuk menutup rangkaian perayaan Hari Gigi Sedunia ini, HIMAKAGI UMY  juga memberikan pelayanan di SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan pada tanggal 10 April 2013. Pelayanan tersebut berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, screening gigi, pemeriksaan gigi gratis, pembagian sikat gigi dan gerakan sikat gigi massal.
mengingat  banyaknya kasus kerusakan gigi yang ditemukan pada anak-anak usia SD. Inilah sebabnya HIMAKAGI menjadikan target sosialisasi mereka ditingkat SD, selain itu memang seharusnya HIMAKAGI mengadakan pengabdian pada masyarakat luar kampus.
“Anak – anak di usia ini sering  mengalami kasus yang berhubungan dengan gigi, karena kebanyakan orangtua masih menyepelekan masalah kesehatan gigi dan mulut anak-anaknya. Berbeda dengan mereka yang sudah  duduk di bangku SMP dan SMA, mereka sudah memiliki kesadaran sendiri akan kesehatan giginya,” ungkap Rifki. (thari)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar