Pelatihan SWAKA : Selangkah Tingkatkan Kemampuan Anggota LPPM Nuansa


Bergerak adalah cara pertama untuk individu maupun kelompok untuk meningkatkan, mencapai atau mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan. Setiap gerakan merupakan tanjakan demi tanjakan yang membuat individu harus mengerti dan memahami hal apa yang ingin mereka capai. Motivasi itulah yang membawa divisi Penelitian dan Pengembangan LPPM Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Swara Kampus Kedaulatan Rakyat mengadakan pelatihan jurnalistik bagi para anggota LPPM Nuansa. Acara ini diadakan pada hari Sabtu,23 Maret 2013 di Ruang Sidang perpustakaan lt.3 gedung D UMY. Kegiatan ini diadakan mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pelatihan jurnalistik bagi para anggota LPPM Nuansa sendiri agar mengetahui seluk beluk proses pembuatan berita. Pemateri pertama, Erik Triadi membuka pelatihan jurnalistik ini dengan materi Pengertian Jurnalistik. Jurnalistik merupakan kegiatan atau proses mencari/mengambil, mengolah dan mempublikasikan informasi. Jadi, merupakan hal penting untuk para peserta mengetahui pengertian Jurnalistik. Selain itu, beliau juga menjelaskan tahap-tahap proses pembuatan berita, proses wawancara, hingga proses menentukan narasumber. Diadakan sesi tanya-jawab di akhir acara. Para peserta pelatihan yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan saling bergantian bertanya kepada Erik Triadi. Materi pertama ini berlangsung hingga kira-kira pukul 11.00 WIB

            Tidak hanya sampai itu saja, masih ada sesi materi kedua setelah istirahat, makan dan sholat  yang diisi oleh redaktur pelaksana Swara Kampus, Krisno Wibowo. Sesi ini lebih menekankan pada practical yang ditujukan untuk peserta. Para peserta pelatihan ditantang untuk membuat sebuah berita dari fakta-fakta yang ada. Jadi peserta diberi satu kertas berisi fakta-fakta dan ditantang untuk membuat suatu berita dari kumpulan fakta-fakta tersebut. Berita-berita dari peserta kemudian dibahas satu per satu oleh pemateri sehingga peserta bisa mengoreksi kesalahannya. Bapak Trisno juga membuka tanya-jawab di akhir sesi agar para peserta lebih paham mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

            Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan sangat bermanfaat bagi LPPM Nuansa karena tim dari Swara Kampus Kedaulatan Rakyat sudah mau berbagi ilmu tentang jurnalistik kepada para anggota LPPM Nuansa. Bahkan, Tim Swara Kampus Kedaulatan Rakyat sendiri memberikan kesempatan bagi anggota LPPM Nuansa untuk mengisi berita untuk Swara Kampus Kedaulatan Rakyat di empat edisi mendatang. Ini jelas merupakan sebuah loncatan besar bagi LPPM Nuansa kedepannya dalam melatih kegiatan Jurnalistik kedepannya.(Bagas)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar