Komikus UMY Pamerkan Aksi Komedi


NO- Kemeriahan Milad UMY ke 32 ini, diwarnai berbagai kegiatan yang menarik dan meriah. Salah satunya adalah kegiatannya adalah Standup comedy competition. Kompetisi ini diadakan pada hari Sabtu (30/3), berlangsung di kantin FISIPOL UMY.
            Kompetisi yang bermaksud untuk membuat orang - orang tertawa ini di hadiri langsung oleh komikus atau para komedian dari Stand up Yogyakarta. Mereka yang masih berstatus mahasiswa ini, selain menjadi tamu istimewa, mereka juga menjadi juri dari kompetisi tersebut. Salah satunya adalah Nanda Apriliansyah, mahasiswa dari UII dengan panggilan akrabnya, Nanda.
            Mahasiswa UMY dari berbagai fakultas pun ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, baik sebagai penonton, panitia, ataupun peserta. Diawali dengan sambutan dari salah satu dosen jurusan Ilmu komunikasi Zein Mufarrih Muktaf, Kemudian dilanjuti dengan aksi para komikus- komikus UMY. Lawakan dan lelucon dari 6 komikus muda UMY yang ikut berkompetisi ini membuat suasana kantin menjadi meriah dan penuh dengan tawa.
            Dari kompetisi tersebut terlihat bahwa secara umum para komikus ini memiliki bakat. "Potensi ada, secara penampilan dan performance sudah stand up banget" ungkap Nanda selaku juri kompetisi ini.
            Namun, untuk mengembangkan kemampuan dalam kegiatan ini, para komikus harus bisa lebih kreatif menciptakan pandangan dan observasi dalam suatu hal. "Stand up itu artinya sebuah komedi dari materi observasi, mengambil suatu isu dari sudut pandang sendiri" ujar Nanda.
            Nanda mengatakan bahwa seeorang komedian  tidak haruslah lucu, tidak ada batasan, dan tidak harus memiliki syarat tertentu untuk menjadi komikus. karena mereka juga bisa mengeksplorasi diri mereka melalui kegiatan Freedom of Gambleh. Freedom of Gambleh adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Stand up Comedy Yogyakarta setiap Jum'at malam. "Setiap yang mau gabung jadi komikus ga harus lucu, bisa gabung ikut Open Mic di kegiatan rutin kita tiap jum'at malam, yaitu Freedom of Gambleh" ungkap mas Nanda.
            Tujuan dari diadakannya kegiatan kompetisi ini selain untuk memeriahkan milad UMY yang ke 32, juga untuk menciptakan pelawak pelawak dari kalangan remaja, khususnya dari mahasiswa UMY. Karena pelawak pelawak atau para komedian sekarang di Indonesia sudah minim kuantitasnya. "Tujuan adanya Stand up comedy agar kita bisa melihat potensi dan melihat kemampuan mahasiswa kita dalam berkomedi, karena komedian sekarang sudah sangat sedikit sekali keberadaanya" Zain.(nashwan)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar