Edukasi Merupakan Strategi Penting Pembangkit Ekonomi



Mengingat pentingnya pertumbuhan ekonomi bagi suatu bangsa, Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) mengundang anggota parliement Turki Prof. Dr. Muhammed Cetin, dalam seminar yang bertemakan “Turkish National Development Strategy in the Era of Globalization”. Seminar yang bertujaun untuk membangkitkan ekonomi Indonesia dengan belajar dari negara jejak Khalifah Utsmaniyah  tersebut, berlangsung di Ruang Sidang AR. Fachruddin A kampus terpadu UMY, Senin (11/3).
dalam seminar yang dimoderatori oleh Ketua Jurusan HI UMY Ali Muhammad, Ph.D tersebut, Prof. Cetin menyampaikan bahwa letak penting untuk menuju perkembangan ekonomi suatu bangsa adalah edukasi. Dengan adanya pendidikan yang baik, maka suatu negara akan dapat menciptakan sumber daya manusia yang tangguh. Salah satu cara bagi negara adalah penyediaan banyak beasisswa serta sarana dan prasarana pendidikan lainnya.” Di Turki kami berusaha untuk menyediakan beasiswa sebanyak- banyaknya, hal itu karena edukasi, edukasi dan edukasi adalah hal utama pembangkit ekonomi”, ujar Cetin.
Adapun strategi selanjutnya dalam membangkitkan ekonomi suatu bangsa adalah pemberantasan korupsi. Ekonomi tidak akan maju jika korupsi masih merajalela, untuk itu pendidikan berkaitan lansung dengan pemberantasan korupsi. “permasalahan korupsi diberbagai negara menyebabkan terhambatnya perkembangan ekonomi”, terang Prof. Cetin dalam seminar yang dihadiri oleh Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto tersebut.
Selain pemberantasan korupsi dan edukasi, Prof. Cetin juga menjelaskan bahwa peran parati politik sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia di suatu negara. Korupsi juga dapat diatasi dengan peran aktif partai politik dalam menjalankan hukum dan peraturan di suatu negara. “ tidak dapat dipungkiri bahwa peran partai politik sangat penting dalam suatu negara, terutama dalam masalah pemberantasan korupsi”, jelasnya.
Peran penunjang untuk menuju ekonomi yang lebih baik bagi suatu negara adalah transportasi dan telekomunikasi. Dengan transportasi dan telekomunikasi tersebut akan dapat melancarkan dan mempermudah proses berjalannya suatu perekonomian bangsa. “di Turki dulunya, perjalanan dari ankara ke istanbul memakan waktu empat jam,m sedangkan sekarang tidak lebih dari dua jam. Dengan lancarnya transportasi tersebut membuat perekonomian Turki semakin baik”, jelas anggota parliement Turki tersebut.
Prof. Cetin juga menjelaskan bahwa terjaganya stabilitas suatu negara dan terkontrolnya militer, dapat memebantu dalam perkembangan ekonomi. Dengan terjaganya stabilitas maka proses transaksi ataupun keberlangsungan perekonomian impor dan ekspor akan lancar. “ stabilitas dan kontrol militer di suatu negara, juga penting dalam perkembangan ekomomi di negara tersbut”, jelasnya.(syah)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar