Nursing Care Club Emergency UMY Gelar Simulasi Bencana Gempa

Minggu siang (22/1), warga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dikagetkan dengan suara sirine ambulance yang lalu lalang disisi barat kampus. Tepat pukul 13.20 ditempat itu telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,5 SR dan telah memakan belasan korban. Beberapa korban yang luka parah segera dilarikan ke Mini Hospital Program Studi Ilmu Keperawatan UMY untuk diberikan perawatan intensif. 

Kegawatan itu terjadi dalam rangkaian simulasi bencana alam yang diselenggarakan oleh Nursing Care Club (NCC) Emergency Program Studi Ilmu Keperawatan UMY. “Simulasi ini adalah bentuk latihan dasar yang diberikan kepada calon anggota baru sekaligus menyiapkan mereka dalam kondisi gempa bumi sungguhan,” terang Aris Adri Siswanto, ketua NCC, ditemui saat memimpin jalanya simulasi.


Sebanyak 18 calon anggota baru mengikuti kegiatan yang merupakan sesi terakhir seleksi keanggotaan tim ini. “Mereka telah berusaha keras dalam mengikuti simulasi ini, saya bisa menjamin mereka siap diterjunkan dalam kondisi bencana sebenarnya,” lanjut Aris.

Mahasiswa tahun terakhir ini juga menjelaskan bahwa latihan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi sistem pelatihan yang telah ada. “Simulasi ini akan kami adakan secara berkala untuk meningkatan kualitas anggota dalam mejalankan prosedur tanggap darurat bencana,” tambahnya.

“Kami harap banyak pihak yang mendukung kegiatan semacam ini, seperti BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) maupun MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dari Muhammadiyah,” terangnya.

Tim kesehatan yang telah ada sejak tiga tahun lalu ini mulai terlihat kontribusinya dibeberapa kegiatan disaster management. Salah satunya seperti saat terjadi erupsi Merapi tahun 2010, mereka ditugaskan di bagian Kesehatan. “Kami telah mengikuti beberapa kegiatan yang berhubungan dengan bencana, terakhir adalah saat event Internasional di Merapi tahun lalu,” paparnya. 

“Kami mengakui banyak kekurangan tim yang harus diperbaiki, tapi itu bukan menjadi alasan kami untuk tidak turun ke medan bencana,” tegas Aris.

Penulis :Ahmad Rizal (Staf Divisi Eksternal NCC Emergency PSIK UMY) 
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar