LPPM Nuansa UMY dalami Media Lewat KKL


 Mengingat besarnya pengaruh media dalam mempengaruhi opini masyarakat, yang membutuhkan suatu kearifan dalam mengolah pemberitaan, sehingga visi dan misi dari idealisme pers mahasiswa  untuk menyampaikan berita secara obyektif, berimbang, jujur dan akurat bisa tetap terjaga, Lembaga Pendidikan dan Penerbitan Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPPM Nuansa-UMY) adakan Kuliah Kerja Lapangan Media (KKL Media) ke Negeri Batavia.
Hal tersebut diungkapkan Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng, Ph.D., P.Eng, selaku  Wakil Rektor III, dalam  sambutannya saat melepas  mahasiswanya untuk mengikuti KKL Media yang bertema “Belajar Media Hingga Negeri Batavia”, yang akan diadakan pada 27 hingga 30 Januari.
Menurut Sri, kegiatan KKL Media ini bisa membuka dan menambah wawasan mahasiswa tentang pers dan media lebih dalam lagi terkait fungsi dan kaitannya dengan suatu lembaga dan organisasi.
 “Ini  merupakan suatu kegiatan yang dapat membuka minda dan wawasan pers mahasiswa terkait dengan fungsi dan peranan kehumasan, dan juga keterkaitannya dengan publikasi dan media dalam sebuah organisasi, institusi atau lembaga”, jelasnya.
Sri juga menambahkan, setelah mengikuti kegiatan  tersebut mahasiswa diharapkan dapat menjadi pencerah yang bisa memberikan kontribusinya secara nyata.
 “Melalui KKL Media ini diharapkan LPPM Nuansa UMY semakin kokoh, solid dan mampu berkontribusi secara nyata baik untuk masyarakat kampus maupun yang lebih luas lagi, dan menjadi pers yang mempunyai identitas unggul, memcerahkan, dan yang muda mendunia,” ungkap Sri.
Senada dengan yang disampaikan Sri, Ahlul Amalsyah selaku pimpinan umum LPPM Nuansa juga menjelaskan jika seseorang ingin menuntut ilmu maka ia harus beranjak dari tempatnya semula, untuk melakukan suatu pergerakan.
“Menuntut ilmu itu bagaikan anak panah yang lari dari busurnya, kemudian menuju papan bidik sebagai tujuannya. Untuk mendapatkan hal yang lebih, maka kita harus lebih banyak melihat, lebih banyak bergerak, lebih banyak berbuat, jangan merasa puas, jangan pasif apa lagi pesimis,” terangnya.
Ahlul juga menambahkan melalui KKL Media ini diharapkan mahasiswa bisa menjadi bisa memunculkan jiwa penggerak perubahan yang memahami makna media untuk kebaikan.
 “Mudah- mudahan nantinya, dari KKL Media ini muncul jiwa yang senantiasa bergerak menuju kebaikan, memahami makna media sebagai wadah ibadah, sebagai penerang dari kegelapan, penggerak dari kevakuman, penjaga dari ketidak beraturan dan penegak dari kebenaran,” jelasnya.
Selain mengadakan pelatihan, pada KKL Media tersebut nantinya juga akan mengadakan kunjungan ke beberapa instansi di Jakarta. Diantaranya adalah United Nations Information Center Jakarta, Kedutaan Amerika Serikat untuk  Indonesia, The Jakarta Post dan juga Trans Corp. (Fr)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar