IrCor Terbang, Antrian Panjang



Tutupnya Iranian Corner (IrCor) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menimbulkan pertanyaan bagi mahasiswa. ruangan yang berada disampiang American Corner yang ditempati IrCor dulunya kini telah kosong. Pemandangan buku berjejeran tentang budaya, politik dan pemikiran dari negeri Persia itu kini telah hilang dari kampus UMY.

Sri Atmaja P Rosyidi, P.hD selaku Rektor 3 UMY mengatakan bahwa ditutupnya Iranian Corner tersebut karena tidak ada progres, IrCor yang dulunya menjanjikan beberapa program untuk pengembangan akademik di UMY ternyata tidak berjalan. Terhitung dari tahun 2007 hingga tahun 2013 IrCor tidak mengalami pengembangan program kecuali kursus bahasa Persia. “ kalau Cuma kursus bahasa itu bisa kita jalankan di pusat pelatihan bahasa” ungkap Sri Atmaja saat dijumpai wartawan Nuansa di ruang kantornya, Sabtu (23/2).

Ketika ditanya kemungkinan ditutupnya IrCor karena penyebaran ideologi syi’ah, Sri Atmaja menjawab bahwa bukan sebab ideologi IrCor ditutup.”memang ada masukan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mengatakan bahwa IrCor adalah tempat penyebaran ideologi syi’ah. Akan tetapi poin penting adalah tidak adanya progres sesuai janji berdirinya IrCor dulu. Kalaupun memang ada ideologi yang tidak sesuai, kita bisa menegur terlebih dahulu. Tapi sayangnya untuk pengembangan akademik di UMY IrCor kurang, itu sebabnya ditutup“ jelasnya.

Hilangnya IrCor dari UMY akan digantikan oleh beberapa negara Afrika yang telah melakukan kerjasama dengan UMY. Maroko yang telah lama melakukan kerjasama dengan UMY berkemungkinan akan mendapatkan tempat IrCor yang dulu. Selain itu UMY juga akan menerima kerjasama dari negara Eropa seperti Prancis serta Italia.” Selain negara negara di Afrika, kita juga melakukan kerjasama dengan Prancis dan Italia. Untuk Prancis nantinya dinamakan Warung Prancis, sedangkan Italia akan diadakan pembicaraan lebih lanjut 19 Maret besok”, jelas Sri Atmaja.

Sedangkan pengelola Iranian Corner, Mariska Intan Sari mengatakan bahwa Iranian Corner kurang di minati mahasiswa UMY.” Memang Iranian Corner sepertinya kurang diminati mahasiswa”, kata dosen Fakultas Bahasa UMY ini. (syah)


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar