UMY Buka Program Magister Politik dan Hubungan Internasional


Untuk menciptakan suasana akademis yang lebih kompetitif, dan dapat bekerja sesuai dengan bidangnya yakni politik dan hubungan internasional, serta menjadi aktor non-negara yang mumpuni dalam mengelola isu Hubungan Internasional. Berangkat dari hal ini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuka program Magister Politik dan Hubungan Internasional (MPHI), yang akan dimulai per tanggal 1 Maret 2013 mendatang. Dalam program magister ini akan dikembangkan continuing system, sehingga dalam kurun waktu satu setengah tahun mahasiswa diharapkan sudah bisa menyelesaikan program magisternya tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Nur Azizah, yang merupakan salah satu pengelola Pasca Sarjana UMY saat ditemui selepas acara “Gathering dan Open House Magister Politik dan Hubungan Internasional UMY” di Ruang Simulasi Sidang Hubungan Internasional, Sabtu (15/12).  Pada kesempatan ini turut hadir Dekan FISIPOL UMY, Dr. Achmad Nurmandi, Dr. Surwandono dan dosen pengajar Hubungan Internasional UMY.

Menurut Nur Aziah, dengan adanya continuing system ditambah peta jalan penelitian, mahasiswa yang masih duduk di strata-1 sudah bisa sejak dini mempersiapkan diri untuk segera melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Dengan continuing system ini, serta dibawah arah dosen pembimbing diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk segera menyelesaikan penelitiannya, sehingga bisa langsung menyelesaikan skripsinya dan juga mempersiapkan tesisnya”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Surwandono Direktur Pasca Sarja MPHI UMY juga memaparkan konsentrasi yang bisa dipilih di MPHI ini, yaitu Diplomasi dan Studi Politik, serta Kerjasama Internasional.

”Melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia, dimana negara kita masih belum teraktualkan dalam tata sistem internasional. Maka, kita akan memfokuskan kajian pada Diplomasi dan juga Kerjasama Internasional, untuk membangun hubungan internasional yang tidak menimbulkan distorsi otak”, jelasnya.

Selain menggunakan continuing system, fasilitas yang dipersiapkan oleh Program MPHI UMY antara lain: staf pengajar yang semuanya sudah mendapatkan gelar Doktor maupun professor, hubungan kerjasama dengan instansi-instansi, baik skala nasional maupun di daerah. Di samping itu program MPHI UMY juga menjalin kerjasama dengan Universitas luar negeri seperti USM (Universitas Sains Malaysia).

Kerjasama ini memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk melakukan “perjalanan” ke luar negeri. Tidak hanya itu, mahasiswa lulusan MPHI UMY akan memperoleh gelar internasional yaitu Master of Art (M.A) di kelulusannya nanti.(Fr/Fikar-ed)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar