Peneliti Dituntut Bermanfaat bagi Masyarakat

NuansaOnline- Seorang peneliti dituntut untuk menemukan hal baru dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Dikarenakan penelitian sangat berkaitan dengan dua pilar tri dharma perguruan tinggi yang lain yakni pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) Isnaini Muallidin, S.IP., M.Si. saat memaparkan materi pada Pelatihan Proposal Penelitian di Ruang Sidang Perpustakaan UMY. Kegiatan ini diprakarasi FISIPOL Research Club (Fresh Club) UMY bekerjasama dengan LP3M UMY, Sabtu (29/12).

Isnaini memaparkan di samping tuntutan bagi masyarakat, penelitian memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa.

“Sebagai mahasiswa kalian akan mendapatkan manfaat yang berlimpah dalam penelitian. Baik itu meningkatkan keilmuan, untuk PKM, survei bersama dosen, bahkan membuat penelitian sendiri dan penelitian itu akan dihargai oleh orang,” paparnya.

Ketua Umum Fresh Club UMY Ahlul Amalsyah menerangkan bahwa Fresh Club berperan sebagai salah satu motor penggerak Tri Dharma Universitas.

“Sebagai salah satu lembaga yang mendorong upaya penelitian di kampus. Pelatihan proposal penelitian yang kami adakan dalam rangka membantu mahasiswa dalam penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) maupun manfaat lainnya yang terkait dengan penelitian,” terangnya.

Ahlul menambahkan bahwa hasil penelitian dari peserta yang terlibat nantinya akan dirangkum dalam suatu buku.

“Pelatihan ini direncanakan akan berlangsung selama 2 bulan, dan hasilnya akan dirangkum dalam suatu buku,” tambahnya. (syah/fikar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar