Nuansa Kirim Perwakilan Ikuti Workshop Jurnalistik bersama The Jakarta Post

NuansaOnline- Pada hari Sabtu (15/12) lalu, Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPPM Nuansa UMY) menghadiri undangan Workshop Jurnalistik yang diselenggarakan oleh The Jakarta Post di Gedung Baru Lt. 2 FISIPOL UGM. Dalam kegiatan ini Nuansa diwakili oleh Achmad Zulfikar, Shidqi Noer Salsa, dan Sethari Rumatika.

Fikar mengungkapkan bahwa Workshop Jurnalistik The Jakarta Post ini merupakan undangan yang diterima pada hari Kamis (13/12) lalu.

"Awalnya saya mendapatkan undangan workshop ini melalui surel saya, kemudian saya menawarkan kepada teman-teman pengurus Nuansa yang berminat. Dalam surat tersebut tercantum bahwa Nuansa diberikan kuota maksimal 5 orang, dan akhirnya Shidqi dan Sethari yang mengkonfirmasi keikutsertaan," ungkapnya.

Sethari menjelaskan runtutan kegiatan yang dilakukan selama workshop terdiri atas teori, dan praktek terkait dengan pengeditan, dan tak lupa ada juga materi yang menguatkan kembali sensitifitas jurnalis terhadap pemberitaan konflik.

"Pada awalnya peserta diberikan dasar-dasar mengenai pengeditan yang disampaikan oleh ibu Sri Wahyuni selaku Editor The Jakarta Post, kemudian dilanjutkan dengan praktek-praktek pengeditan berita, pembuatan lead, kemudian ditutup dengan materi Peace and Conflict Journalism," paparnya.

Shidqi mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan wawasan baru, serta jaringan yang dapat dikembangkan lebih lanjut melalui kerjasama yang lebih komprehensif antara Nuansa dan The Jakarta Post.

"Dari workshop ini saya mendapatkan pengetahuan baru tentang pengeditan berita, di samping itu LPPM Nuansa UMY dapat bekerjasama dalam berbagai aspek dengan The Jakarta Post yang merupakan salah satu media mainstream di Indonesia," katanya.

Fikar menambahkan, selain Nuansa dalam Workshop ini juga dihadiri oleh Mahasiswa UGM, serta Anggota Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI). 

"Dalam kegiatan ini ada beberapa mahasiswa UGM yang mempunyai rencana magang ke The Jakarta Post sehingga mereka mempunyai kewajiban mengikuti workshop ini, di samping itu ada juga perwakilan dari Aliansi Jurnalis Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini," tambahnya. (akar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar