Mahasiswa Dituntut Kuasai Manajemen Web

NuansaOnline- Di era serba canggih seperti sekarang ini, mahasiswa dituntut menguasai perkembangan tekonologi. Begitupun dengan perkembangan situs web yang memberikan akses kepada setiap orang untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dalam sebuah institusi. Maka dari itu, saya sangat menekankan kepada mahasiswa, khususnya peserta di sini untuk menguasai teknik pengelolaan situs web.

Hal ini disampaikan Achmad Zulfikar Mentor Pelatihan Keterampilan "Manajemen Web" bagi jajaran pengurus Nuansa yang diprakarsai oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan dan Divisi Jaringan dan Informasi Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPPM Nuansa UMY) di Lab C Puskom UMY, Kamis (13/12).

Menurut Fikar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum LPPM Nuansa UMY, pelatihan ini sangat penting sebagai bekal bagi pengurus agar melek terhadap perkembangan teknologi, selain itu pelatihan ini juga bermanfaat bagi pengoperasian salah satu produk Nuansa yakni "Nuansa Online".

"Pelatihan ini sangat penting bagi pengurus agar kedepannya teman-teman sendiri dapat mengoperasikan media ini dan mempublikasikan berbagai kegiatan yang kita telah lakukan. Di samping itu, dalam pelatihan ini kita akan menyepakati beberapa hal terkait SOP (Standard Operational Procedure) dari Nuansa Online itu sendiri," ungkapnya.

Senada dengan pernyataan Sethari Rumatika yang merupakan peserta dan Pimpinan Litbang LPPM Nuansa UMY menyatakan bahwa pelatihan ini membuka cakrawala pengetahuan pengurus dalam pengoperasian situs web.

"Pelatihan ini membuka cakrawala pengetahuan saya lebih lebar lagi tentang detil pengoperasian situs web. Ternyata setelah 'dapurnya' diperlihatkan, yang dulunya saya kira cuman posting memosting saja, tetapi juga ternyata ada pemilihan template situs web yang benar serta mengaturnya sedemikian rupa," tuturnya.

Sethari melanjutkan, bahwa sebenarnya tugas mengelola situs web maupun update tulisan di Nuansa Online merupakan tugas Divisi Jaringan dan Informasi serta Divisi Keredaksian, namun setidaknya melalui pelatihan ini pengurus yang lain dapat turut andil.

"Dari pelatihan ini harapannya pengurus lainnya dapat juga turut serta dalam mengoperasikan situs web Nuansa sehingga beban ini tidak hanya di panggul oleh Jarkomsi saja. Setidaknya dair pelatihan ini dasar-dasarnya sudah mengerti, dan secara informal dapat kita lanjutkan di kantor," tutupnya. (akar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar