Lukman Hakim Unggul di 3 dari 4 TPS Pemilra UMY

Pemilihan Umum Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Pemilra BEM KM UMY) tahun 2012 kembali dihelat dengan diikuti dua kandidat yakni Rachmat Ardiansyah dari Partai Kubah dan Lukman Hakim dari Partai Islam Progresif Revolusioner (PIP), Senin (17/12).

Menurut Achmad Zulfikar Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) FISIPOL, Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk 8 Fakultas pada Pemilra kali ini dipusatkan pada 4 titik.

"TPS yang dipersiapkan oleh KPPS dalam Pemilra BEM KM UMY tahun ini dipusatkan pada 4 titik yakni TPS 1 di Taman Air Mancur FISIPOL dengan DPT FISIPOL, FH, dan FPB, TPS 2 di Depan Gedung Perpustakaan UMY dengan DPT FE, TPS 3 di Lobi FKIK dengan DPT FKIK dan Faperta, dan TPS 4 di  Depan Lobi Fakultas Tekni dengan DPT FT, dan FAI," paparnya.

Fikar mengungkapkan bahwa kondisi pada saat pemungutan suara di TPS FISIPOL dan TPS lainnya berjalan dengan aman dan terkendali. Walaupun terdapat keterlambatan pada saat pembukaan TPS dikarenakan kendala teknis pengangkutan surat suara.

"Secara teknis seharusnya TPS di buka tepat pukul 09.00 WIB, disebabkan kotak suara tiba di TPS terlambat 30 menit sehingga kami harus menunggu, begitupun yang terjadi di TPS lainnya karena distribusi kotak suara dilakukan secara bergiliran. Namun demikian proses pemeriksaan bersama saksi dan Bawaslu berjalan dengan lancar. Hingga akhirnya kami harus menutup TPS tepat pukul 17.00 WIB" ungkapnya.

Fikar mengungkapkan setelah proses pemungutan suara di TPS berakhir, KPPS di 4 TPS kemudian mengamankan surat suara, kemudian melanjutkan pada proses penghitungan surat suara pada pukul 18.30 WIB di masing-masing TPS.

"Setelah semua surat suara sisa maupun perlengkapan TPS diamankan, kotak suara di masing-masing TPS dijaga dengan ketat oleh KPPS, selanjutnya pada waktu ynag telah ditentukan kotak suara diangkat ke tempat pemungutan suara untuk dihitung dan disaksikan perwakilan kedua partai dan Bawaslu," ungkapnya.

Fikar mengungkapkan proses penghitungan suara di 4 TPS berjalan dengan lancar, hal ini dibuktikan dengan cepatnya proses penghitungan suara di TPS tersebut dengan tetap mengedepankan prinsip musyawarah jika mengalami perselisihan terkait penentuan sah atau tidaknya suara.

"Alhamdulillah penghitungan suara di 4 TPS berjalan lancar, TPS pertama yang menyelesaikan perhitungan yakni TPS 2, disusul TPS 3, TPS 1, dan yang terakhir TPS 4. Walaupun beberapa kali ada perselisihan saat perhitungan suara, namun kami tetap mengacu pada aturan yang telah dibuat oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa," ungkapnya.

Fikar menambahkan setelah proses perhitungan suara di masing-masing TPS, akhirnya berita acara di serahkan KPPS ke Sekretariat KPU kemudian dilakukan rekapitulasi awal berdasarkan laporan dari masing-masing TPS.

"Berdasarkan hasil penghitungan suara, TPS 1 192 suara untuk Rachmat, 110 suara untuk Lukman dan 30 suara tidak sah, TPS 2 95 suara untuk Rachmat, 159 suara untuk Lukman, dan 16 suara tidak sah, TPS 3 78 suara untuk Rachmat, 225 suara untuk Lukman, dan 35 suara tidak sah, sedangkan TPS 4 46 suara untuk Rachmat, 341 suara untuk Lukman, dan 63 suara tidak sah. Apabila dijumlah maka diperoleh hasil, 411 suara untuk Rachmat, 835 suara untuk Lukman dan 144 suara tidak sah dengan total surat suara 1390," tambahnya.

Fikar menegaskan dengan hasil seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya, maka dapat dipastikan Lukman Hakim terpilih sebagai Presiden BEM KM UMY periode 2012/2013.

"835 suara untuk Lukman dan 411 suara untuk Rachmat sudah berbicara terkait hasil Pemilra UMY tahun 2012 ini, di samping itu Lukman menunjukkan keunggulannya di 3 TPS, sedangkan Rachmat hanya unggul di 1 TPS yang merupakan basis massanya," tegasnya.

Fikar mengingatkan hasil perhitungan suara yang telah dilakukan ini memang sudah menunjukkan pemenang Pemilra UMY tahun 2012, namun keabsahannya masih menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) UMY mengetok palu.

"Dalam hal ini kita masih sebatas menyebut saudara Lukman sebagai Presiden BEM KM UMY Terpilih. Hal ini merujuk pada mekanisme bahwa KPU UMY dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UMY akan mengadakan sidang pleno untuk mengesahkan Presiden BEM KM UMY periode kepengurusan 2012/2013," jelasnya. (akar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar