Krisno: Jurnalis Bukan Spesialis

NuansaOnline- Seorang jurnalis bukanlah spesialis, karena seorang jurnalis dalam dunia jurnalistik profesional memerlukan adanya rotasi yang terdapat dalam susunan keredaksian, bahkan setiap 3 tahun seharusnya seorang jurnalis itu berpindah ke rubrik lain.

Hal ini disampaikan Koordinator Swara Kampus SKH Kedaulatan Rakyat Krisno Wibowo saat membawakan materi Jurnalistik Media Cetak pada acara Sekolah Jurnalistik Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM FISIPOL UMY) “How to be a Good Journalist” di Ruang Sidang Ar-Fachruddin B, Sabtu (22/12).

Pada kesempatan ini, Krisno juga memaparkan hal-hal terkait kejurnalistikan media cetak dan teknik penulisan berita.

“Dalam sesi kedua ini, saya ingin agar peserta memahami jurnalistik itu seperti apa, khususnya di media cetak dan bagaimana penulisan berita dengan melibatkan unsur 5W+1H,” ungkapnya.

Menurut Ketua Panitia Indra Jaya Wiranata tujuan dilaksanakannya acara ini agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan lebih jauh terkait dengan pers dan peliputan. Namun demikian dalam acara ini peserta tidak hanya menerima teori-teori jurnalistik saja, namun juga mendapatkan praktek secara langsung.

“Dari acara ini diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan tentang pers dan peliputan, tidak hanya itu peserta juga dapat mempraktekkan secara langsung dengan panduan dari praktisi media yang kami hadirkan antara lain dari media elektronik maupun cetak,” ungkapnya.

Dalam acara ini, Kepala TV One Biro Yogyakarta Hendawan Setiawan menegaskan kepada peserta bahwa seorang presenter yang baik adalah reporter yang baik, dalam istilah asingnya “A good presenter is a good reporter”.

“Seorang reporter yang baik disini merupakan pribadi yang benar-benar telah mengetahui teknik peliputan serta menguasai elemen on cam dengan baik, harapannya jika pribadi reporter itu sudah baik secara kemampuan maupun kepribadian maka akan dihasilkan berita yang baik pula,” ungkapnya. (anisah/fikar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar