Ketua DPD RI: UMY Berperan Membangun Bangsa

NuansaOnline- Modal spiritual merupakan elemen penting yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan juga berperan penting sebagai pilar pendukung karakter bangsa. Tidak hanya itu, perguruan tinggi mempunyai peran penting sebagai pilar daya saing bangsa dengan menempati posisi enam dari dua belas pilar yang ada.

Demikian yang diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman, SE., MBA. dalam Kuliah Umum bertajuk “Pendidikan Karakter dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Bangsa untuk Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015” Rabu (12/12) di Sportorium Kampus Terpadu UMY.

“Untuk mewujudkan kemakmuran bangsa setidaknya ada empat hal yang harus dioptimalisasi antara lain kecerdasan (brain), visi dan mimpi besar (dream), semangat pantang menyerah (spirit), dan rasa percaya pada kekuatan sendiri (confidence). Serta tidak lupa menggiatkan doa yang merupakan unsur spiritual dan tidak terlepaskan dari segala usaha yang telah kita lakukan,” tutur Irwan.

Irwan memandang modal spiritual sangat berpotensi memberikan semangat bagi masyarakat muslim karena menurutnya akan sangat berperan besar bagi masa depan.

“Dengan modal spiritual ini tentunya memberikan semangat lebih bagi kita yang beragama Islam untuk terus berusaha karena tujuan kita tidak hanya di dunia saja, melainkan sebuah keabadian itu di akhirat kelak. Hal inilah yang membuat UMY menjadi berbeda dengan universitas di New York karena UMY memiliki nilai-nilai spiritual yang menjadi driving force untuk membangun bangsa,” papar Irwan.

Irman memaparkan tentang modal spiritual menjadi peluang UMY untuk berkontribusi terhadap daya saing bangsa.

“Dari UMY ini diharapkan akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas karena sekarang ini kita sadari bahwa Sumber Daya Alam (SDA) tidak lagi menjadi jaminan bagi suatu negara untuk mampu bersaing dengan negara lainnya di masa mendatang”, tutupnya. (Fikar)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar