Jusuf Kalla: UMY Bantu Tingkatkan Perekonomian Indonesia Melalui SEBI

NuansaOnline- Salah satu indikator baiknya ekonomi suatu bangsa dapat dilihat dari tingkat perekonomiannya, terutama dari sisi inovasi dan kreasi generasi muda dalam menjalankan berbagai usaha skala kecil hingga yang berskala besar. Dengan adanya Student Enterpreunership and Business Incubator (SEBI) ini hendaknya menghasilkan generasi muda yang berani berinovasi dalam dunia bisnis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia H. M. Jusuf Kalla dalam acara peresmian Student Enterpreunership and Business Incubator Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (SEBI UMY) di Lantai Dasar Gedung AR. Fachruddin A Kampus Terpadu UMY, Kamis (13/12).

Pak Kalla menyatakan bahwa inovasi bisnis generasi muda sangat luar biasa, untuk itu perlu disediakan suatu wadah atau kesempatan bagi generasi muda untuk berkreasi.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa ide dan gagasan dari generasi muda dalam dunia bisnis saat ini sangat luar biasa, seperti penemu jejaring sosial, usaha toko online dan warung makan yang penuh kreasi serta inovasi yang tak terduga. Untuk mewujudkan ekonomi Indonesia yang lebih baik, maka ide dan inovasi generasi muda perlu diperhatikan dan disediakan wadah ataupun kesempatan untuk mereka. Serta hendaknya para tokoh masyarakat mendukung usaha generasi muda untuk mencapai perekonomian Indonesia yang lebih baik”, katanya.

Pak Kalla mengungkapkan bahwa ekonomi Indonesia bisa lebih baik lagi jika masyarakat Indonesia sadar akan zakat.

“Indonesia yang mayoritas umat Islam, namun titik lemah umat Islam saat ini dalam hal peningkatan ekonomi ada di zakat. Jika zakat lancar maka dapat membantu saudara kita yang tingkat ekonominya rendah, namun untuk berzakat tentu perlu materi, maka dari itu dimulai dari usia muda perlu memupuk usaha sebaik mungkin sehingga dapat menunaikan zakat nantinya dan dapat membantu peningkatan ekonomi masayarakat," ungkapnya.

Senada dengan Pak Kalla, Rektor UMY Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc. mengatakan bahwa tujuan pendirian dari SEBI ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat dalam membuka usaha atau bisnis.

“SEBI ini kita bentuk sebagai tugas Universitas yaitu pengabdian masyarakat yakni membantu masyarakat dalam memulai usaha dan memberikan layanan pelatihan serta memfasilitasi pendampingan bisnis bagi masyarakat. Sehingga nantinya tingkat perekonomian masyarakat meningkat terutama masyarakat dalam desa binaan UMY”, katanya. (syah boy)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar