HI Menyentuh Langsung Tatanan Kehidupan Manusia

Semua disiplin ilmu itu penting, akan tetapi ilmu Hubungan Internasional (HI) memiliki arti penting yang berbeda. Karena HI menyentuh tatanan kehidupan manusia secara langsung, mulai dari kehidupan sosial masyarakat sampai kehidupan internasional antar bangsa dan negara, serta kompleksitas kajian HI yakni perdamian, politik, kerjasama, ekonomi,hukum, keamanan dan perang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prof. Amien Rais dalam Kuliah Umum: “Urgensi dan Relevansi Studi Hubungan Internasional di Era Global” yang berlangsung di gedung AR. Fachruddin B Lantai. 5 kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), kamis (06/12).

Pak. Amien menjelaskan bahwa HI sebenarnya telah ada dari zaman ke zaman, mulai dari awal kehidupan manusia yakni Nabi Adam. “peristiwa pembunuhan pertama di dunia yakni terbunuhnya Habil oleh Qobil itu menunjukkan bahwa HI telah terjadi, selain itu dari zaman ke zaman kehidupan manusia diliputi oleh perdamaian, perang dan damai lagi. Itu menunjukkan bahwa HI telah ada, yakni masalah perdamaian, perang dan hubungan antar bangsa yang berbeda” jelasnya.

Pak. Amien juga menerangkan bahwa arti penting kajian HI adalah menjaga kepentingan nasional bangsa atau negara. Dengan terjaganya kepentingan nasional maka akan tercipta masyarakat yang makmur dan sejahtera. “ dengan mempelajari HI hendaknya nanti ketika kita menjadi pemimpin bangsa bisa menjaga kepentingan bangsa kita, jangan sampai sumber daya kita di jajah oleh pihak asing sehingga kita terlunta- lunta. karena pengusa yang waras akan mempertahankan kepentingan nasionalnya bukan memberikan suka rela pada pihak asing” terangnya.

Pak. Amien juga manambahkan bahwa di era globalisasi saat ini seluruh negara bangsa akan menjalankan kepentingannya masing- masing tanpa melihat kepentingan negara lain. “ karena setiap negara ingin kepentingannya terpenuhi maka mereka akan melaksanakan segala cara. Untuk menghadapi itu perlu insan yang tangguh dan mempunyai wawasan keilmuan yang luas tentang politik, diplomasi, ekonomi, keamanan, hukum dan lainnya. Maka mahasiswa sekarang inilah yang akan dibutuhkan untuk menjaga kepentingan nasional bangsa kita nanti” tambahnya. (syah)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar