Media Menggenggam Dunia: Revolusi Selalu Diiringi Oleh Media

Perlu kita ketahui bahwa setiap revolusi selalu di iringi oleh media. Sebagai contoh revolusi iran tahun 1979 di sebut juga revolusi tape recorder, karena setiap jum’at orang iran merekam ceramahnya Ayatullah Khomeini sehingga menbangkitkan jiwa revolusi menjatuhkan rezim Reza Fahlevi di Iran.

Begitulah yang disampaikan oleh dosen Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) Adde Ma’ruf Wirasenjaya di permulaan materi Seminar Internasional Media Menggenggam Dunia yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa (LPPM) Nuansa UMY di gedung AR. Fahruddin B, Rabu (21/11).

Adde menyampaikan bahwa peran media sangat penting dalam era globalisasi dan media juga mempunyai peran penting dalam berlansungnya demokrasi di berbagai negara. “sebagai mana kita ketahui bahwa arab spring di timur tengah di ikuti dengan perkembangan media. Revolusi mesir misalnya dikenal juga revolusi media jejaringan sosial facebook dan twiter. Bahkan terpilihnya obama sebagai presiden amerika serikat kampanyenya melalui facebook dan terbukti berhasil. Jadi media sangat berperan dalam keberlansungan demokrasi” katanya.

Pada kesempatan seminar media menggengggam dunia tersebut adde juga mengajak seluruh peserta untuk berkarya lewat menulis, karena orang yang berkarya tidak bernah miskin. “perlu saudara ketahui bahwa saya bukan orang yang miskin, kenapa? Karena saya mempunyai kekayaan gagasan, ide yang dapat saya tuliskan sehingga itu menghasilkan suatu karya yang mahal harganya. Oleh sebab itu mulailah menulis maka kalian akan kaya” katanya.

Dalam Seminar Internasional Media Menggenggam Dunia tersebut juga hadir wakil rektor bidang kemahasiswaan UMY Sri Atmaja P Rosyidi, P.hD dan pembicara dari Dishubkominfo DIY Martan Kiswoto, dari praktisi media online M. Edwin Noer Ghazali serta key notes speak dari Kedutaan Amerika Serikat Mr. John Choy. (syah)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar