Media Menggenggam Dunia: American Media Is Free and Different

NuansaOnline- Media sangatlah penting untuk semua orang. Sebagai sarana komunikasi, sarana mencari informasi dan yang lainnya apapun yang dibutuhkan atau diperlukan. Dalam seminar yang digelar pada hari Rabu, 21 November 2012 kemaren dijelaskan tentang betapa pentingnya media yang ada, sebagai contoh yaitu mengenai media yang ada di Amerika dimana seperti yang disampaikan oleh Mr. John Choi (US Embasy Representation, America), “American media is free and different.”

Mr. Jhon Choi menjelaskan bahwa media yang ada di Amerika sangatlah bebas dan terbuka, dimana bebas yang dimaksud disini adalah tentang bagaiamana menyampaikan opini dan ide-ide yang ada secara terbuka kepada semua orang. Bahkan seluruh masyarakat yang ada di Amerika berhak untuk tau apakah berita yang disampaikan melalui media apapun itu adalah sesuai dengan kebenaran atau fakta yang sebenarnya.

“Di Amerika sendiri ada beberapa cara untuk mengkritik media dan pemerintah karena sistem yang diterapkan adalah bebas, yaitu dengan cara membuat komedi,” jelas Mr. Jhon Choi dalam seminar yang berjudul Media Menggenggam Dunia.

Hasil survei di Amerika menyatakan bahwa hampir 50% digunakan untuk menyampaikan berita melalui koran, majalah, dan media cetak lainnya, 4% yaitu penyampaian media melalui internet atau komputer yang terpasang dimanapun dan sekitar 5% untuk film, komedi dan hiburan lainnya. Hal tersebut menjelaskan bahwa Di Amerika berita adalah hal terpenting dan selalu di nomor satukan oleh seluruh masyarakat disana. (Gg)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar