Goreskan Tinta untuk Perubahan Nyata


NuansaOnline-Banyak orang berpikir untuk merubah dunia itu susah, jangankan merubah dunia merubah diri sendiripun sangat susah. Tapi mari kita renungkan jika kertas putih dan anda beri setetes tinta di tengahnya, maka apakah kertas tadi berubah atau tidak? Perlu kita ingat bahwa hal besar tidak ada tanpa adanya hal kecil. Mulailah berkarya walaupun itu hanya goresan tinta catatan hidup anda.

Begitulah sambutan yang disampaikan oleh Ketua Umum FISIPOL Research Club Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FRESH CLUB UMY) Ahlul Amalsyah dalam acara pembukaan diskusi buku “Hubungan Internasional: Politik, Keamanan, Ekonomi dan Isu Global Kontemporer” di Ruang Sidang Perpustakaan UMY, Kamis (01/11).

Senada dengan yang disampaikan penulis buku Aprilia Restuning Tunggal, S.IP bahwa cara untuk membuat suatu karya dalam bentuk buku harus dimulai dari tulisan- tulisan biasa. “Buku yang sedang kita diskusikan sekarang ini dulunya tugas kuliah saya, kemudian saya ajukan ke beberapa penerbit dan alhamdulillah ada satu penerbit yang menerimanya. Yang menjadi catatan bahwa tulisan tersebut kumpulan tugas kuliah saya”, katanya.

Tunggal juga mengatakan untuk menulis sebuah buku harus menghilangkan rasa malas dalam diri. “Malas merupakan hal yang lumrah dan manusiawi. Akan tetapi kita harus bisa mengatasi rasa malas tersebut, salah satu caranya mencari tempat yang berbeda untuk menulis atau buatlah sesuatu yang  anda sukai”, katanya.
Diskusi buku tersebut juga dihadiri oleh dosen Hubungan Internasional Sugito, S.IP, M.Si yang memberikan komentarnya tentang buku yang ditulis Tunggal tersebut.

Sugito mengungkapkan bahwa buku yang di tulis tunggal tersebut tergolong sederhana dan sederhana belum pasti biasa tapi juga bisa luar biasa. “Buku ini sebenarnya sederhana akan tetapi memberikan kontribusi yang cukup besar untuk menmbah referensi mahasiswa Hubungan Internasional. Selain itu Tunggal telah berhasil menjadikannya sebuah buku”, ungkapnya.

Sugito juga mengajak seluruh peserta yang ikut untuk menulis sehingga menghasilkan sebuah karya. “Saya mengajak seluruh mahasiswa untuk terus berkarya,  tulislah apa saja yang bisa kalian tulis sehingga tulisan itu nantinya dapat menjadi sebuah buku yang memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan” tambahnya. (SB/Fikar)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar