Tips untuk Mahasiswa Baru 2010

Selamat Datang!!! Mahasiswa Baru angkatan 2010!!

Hemmph nggak kerasa ya udah kuliah aja. Merdeka dari seragam putih abu-abu.
Tapi pernah nyadar ga sich gimana dunia kampus itu sebenarnya? memasuki lingkungan yang benar-benar baru yaitu Perguruan Tinggi. Kalau di sekolah dulu, kedudukan guru lebih tinggi daripada seorang murid, tapi kalo di Perguruan Tinggi kedudukan kita sama dalam hal mengemukakan pendapat. Begitu pula dalam hal penguasaan materi, seorang mahasiswa dituntut lebih aktif dalam hal mencari ilmu. Karena bukan zamannya lagi di suapin guru, tapi zamannya nantangin dosen (upzzz dalam artian positive gitu ya : Benar ya Benar ; Salah ya Salah).

Sukses tidaknya seorang mahasiswa di perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari birokrasi kampus, sistem perkuliahan, dosen, lingkungan, keluarga, temen dan yang paling utama dari diri sendiri.

Sebagai mahasiswa, berprestasi di bidang akademik merupakan suatu tujuan paling penting. Tapi hal itu bukanlah satu-satunya tujuan seorang mahasiswa karena selain kemampuan akademis, mahasiswa juga di tuntut handal berorganisasi karena semua teori itu harus di aplikasikan ke dunia real. Buat kamu-kamu yang baru aja menyandang predikat mahasiswa, mudah-mudahan tips berikut bisa bermanfaat :

1. Berprestasi di Awal Semester : Wajib

Berprestasi akademik pada semester pertama adalah wajib. Awal yang baik bisa menjadi pemicu untuk terus berprestasi di semester-semester berikutnya. Bisa juga jadi Tabungan kalau suatu saat Indeks Prestasi (IP) semester berikutnya kurang memuaskan alias anjlok.

2. Carilah Teman BB (Belajar dan Bermain)

Percayalah lingkungan sangat berpengaruh pada pola perilaku seseorang. Positive atau negative semua itu akan berdampak langsung pada keseharian anda. Maka carilah teman belajar dan bermain yang memberi dampak positive bagi studimu.

3. PDKT lah sama Kakak Tingkat

Melakukan Pendekatan (bermakna positif) dengan Kakak Tingkat karena mereka lebih berpengalaman. Tentunya semua itu agar khasana dan pengalaman itu bisa menular selain itu kamu bisa mendapatkan berbagai informasi, baik itu tentang dosen, mata kuliah, sampai soal-soal ujian tahun lalu.

4. Perpustakaan is my office

Perpustakaan akan selalu menjadi gudangnya ilmu. Apalagi tidak setiap buku yang menjadi referensi dari dosen harus kamu beli biasanya karena kondisi keuangan. Meminjam adalah alternative yang paling tepat dan tentunya murah meriah.

5. Pengaturan Waktu

Jangan pernah menunda apa yang bisa di kerjakan sekarang. Karena jika lama-lama di tunda semua pekerjaan akan menumpuk dan membuat malas. Jangan pernah menerapkan SKS (System Kebut Semalam) ketika menghadapi ujian. Dan yang terakhir pandailah mengatur waktu kuliah, organisasi dan bermain agar seimbang.

6. Pilih organisasi yang menunjang studi

Ikutilah kegiatan-kegiatan yang kamu senangi syukur-syukur juga menunjang study. Mulai dari organisasi, Study Club, Olahraga, Fotografi, Pecinta Alam, Theater, Pers Mahasiswa, dll. Karena lebih bermanfaat daripada mahasiwa K3 (Kampus-Kantin-Kost).

7. Up Date Informasi

Jangan sekali-kali meremehkan informasi. Apakah itu tentang jadwal kuliah yang dipindah kelasnya, tugas tambahan, kegiatan organisasi yang mendesak, jadwal KRS, dan yang paling penting informasi Beasiswa dan lomba-lomba ilimiah seperti call for paper, makalah dll.

8. Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah yang paling utama. Bagaimana kita mau beraktvitas kalau kondisi tubuh sedang sakit,S akhirnya semua aktivitas jadi terganggu dari kuliah sampai berorganisasi. Maka Aturlah kapan waktunya kamu makan, belajar, kapan istirahat, kapan berolah raga (dan kapan harus pacaran).

9. Pertahankan Motivasi

Jangan pernah mengenal kata menyerah kalau kamu belum mencoba. Kata-kata paling ampuh mungkin untuk mencoba belajar apapun. Tumbuhkan keyakinan, semangat, dan jiwa yang kuat. Paling penting motivasi lah diri sesering mungkin. Bisa dengan mengingat perjuangan orang tua, cita-cita yang menanti dan ingat sebaik-baiknya orang adalah orang yang paling bermanfaat (he he salam super).

Semoga Berhasil : )

Tulisan ini telah dimuat pada Nuansa Kabar Edisi Oktober 2010 dalam rubrik ...
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar