Kandungan Berbahaya pada Shisha



Shisha merupakan rokokdengan berbagai varian rasa. Mulai dari berbagai macam rasa buah, vanilla,coklat dan rasa lainya. Rokok yang berasal dari arab ini memilki cara konsumsiyang berbeda dengan rokok biasa. Untuk mengkonsumsi shisha kita memerlukan alat khusus yang berbentuk seperti tabung dan selang yang panjang guna menghisapnya.Sebagian orang berfikir bahwa sisya merupakan alternatif merokok yang sehat. Apakah benar, mari kita cek apa kandungan dari sisha ?

1. Tembakau

Dalam rokok tembakau ataupun shisha, tembakau tetap menjadi bahan utama. Hanya saja berbeda pengolahanya, jika rokok tembakau terkena asap baru dihisap namun jika shisha diperam terlebih dahulu sampai kering. Tembakau merupakan bahan berbahaya bagi tubuh yang akan mengahasilkan karbondioksida.

-Kadar karbondioksida dalam tubuh Kadarkarbondioksida bukan perokok adalah 1 %,
-perokok pasif 20-40ppm atau 2%-4%
-perokok berat 30-40ppm atau 5%-7%
-Sedangkan perokok shisha mempunyai karbondioksida mencapai 40-70ppm atau 8%-!2%.
(dari berbagai sumber )

2. Ekstrak Pekat Buah –Buahan

Buah – buahan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Inilah yang menyebabkan orang sering salah persepsi bahwa shisha adalah sehat. Fakta dimana satu sesi shisha orang mengahabiskan 10 mg ekstrak buah selama 30 menit.

“30mg ekstrak buah dapat memicu meningkatnya karbon monoksida”
(dari berbagi sumber )

Hal ini dapat artikan bahwa menghisap shisha 400-500 kali lebih berbahaya daripada merokok.

3. Air

Air dalam shisha berfungsi menetralisir efek karbon monoksida yang dibawa tembakau. Sebuah fakta menyebutkan bahwa karbon dioksida yang dihisap oleh tubuh lebih banyak ketika mengkonsumsi shisha. Dengan pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa air tidak bisa benar – benar menetralisir karbondioksida yang akan masuk dalam tubuh kita ketika mengkonsumsi shisha. Do you wanna try Shisha ????? (Hermin Kusumajati)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar