Google Buzz: Pesaing Baru Facebook dan Twitter

Perusahaan raksasa internet, Google,kembali merilis situs jejaring sosial baru dengan nama Google Buzz yang resmi diluncurkan pada tanggal 9 Februari 2010 didalam sebuah konferensi pers dimarkas Google yang berada di Mountain View. Jaringan sosial ini diluncurkan seminggu setelah facebook mengadakan perubahan tampilan websitenya.

Seperti halnya facebook,pengguna Google Buzz juga dapat meng-update status tentang apa yang mereka pikirkan atau lakukan pada saat itu dan membaginya dengan dunia. Pengguna Google Buzz juga dapat melihat status orang lain dan mengomentarinya,serta dapat juga menampilkan video,foto dan link kesebuah website.

Strategi Google dengan meluncurkan Google Buzz diperkirakan akan menyaingi situs jejaring sosial yang sudah lebih dahulu populer seperti facebook dan twitter,karena layanan google buzz ini tidak berdiri sendiri tetapi langsung terintegrasi dengan layanan gmail dan menurut riset comscore gmail merupakan layanan surat eektronik berbasis web terpopule ketiga di dunia,data pada bulan Desember 2009 menunjukkan jumlah pengguna gmail mencapai 176,5 juta berada dibawah hotmail dan yahoo yang masing-masing menduduki posisi pertama dan kedua dengan jumlah pengguna masing-masing 369,2 juta dan 303,7 juta.

Nah bagi teman-teman yang ingin mencicipi mainan baru Google ini,terlebih dahulu teman-teman harus mempunyai akun di gmail,karena seperti yang telah disebutkan diatas,GB alias Google Buzz ini terintegrasi dengan gmail. Selain itu bial ingin membuka GB via GPRS maka ponsel itu haruslah berbasis android,kalau tidak,berarti kita tidak bisa mencicipi mainan baru Google ini. Ini bukan pertama kalinya google merilis situs jejaring sosial.

Pada tahun 2004,google meluncurkan jejaring sosial bernama Orkut,tapi sayang Orkut tidak setenar jejaring sosial raksasa seperti Facebook dan Twitter,Orkut hanya berhasil meraih pasar tertentu di dunia,seperti Brasil. Google juga pernah meluncurkan Google wave, layanan baru yang saat ini masih terbatas untuk pengguna yang diundang.

Pihak google tampak optimis Google Buzz akan meraih kesuksesan,hal senada juga diungkapkan penemu Google,Sergey Brin. Menanggapi hal ini,facebook hanya sedikit berkomentar,”kami mendukung teknologi yang dapat membuat internet menjadi lebih sosial,kami juga menanti perkembangan Google Buzz”,kata pihak Facebook.
Perkenalan buzz ini tentu bakal memunculkan pertanyaan,apakah buzz akan bernasib sama dengan Orkut atau sebaliknya mampu menyaingi kesuksesan facebook dan twitter,kita tunggu saja.^_^

Tulisan ini telah dimuat pada Nuansa Kabar Edisi April 2010 dalam rubrik Nuansa Ilmiah.
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar