Popularitas Angkringan di Jogja



Tidak punya uang? Lapar? Hal apa yang terbesit di kepala orang yang tinggal di Yogyakarta. Jawabanya adalah makan di Angkringan.Angkringan merupakan tempat makan yang popular di kalangan warga Yogyakarta. Kita dapat menikmati nasi, lauk dan sayur dengan harga 1000 rupiah. Nasi, sayur dan lauk ini disajikan dengan dibungkus dalam bungkusan kecil yang biasa disebut nasi kucing.

Angkringan terkenal dengan makanan orang “biasa“ dulunya. Namun sekarang makanan ini sangat popular dan dapat ditemukan diseluruh pelosok Yogyakarta. Penikmatnya pun bertambah, tidak hanya kalangan “orang biasa “. Kalangan orang menengah keatas pun menjadi penikmat Angkringan.

Gerobak dengan beratapkan tenda ini menjual makanan mulai dari nasi kucing, lauk pelengkapnya seperti tempe goreng, tahu, sate telur,sate usus dan sate ampela. Untuk minumannya juga disediakan menu dengan berbagaivarian seperti es the, es jeruk dan wedang uwuh.

Beberapa angkringan yangterkenal di Yogyakarta dapat ditemukan di jl. Mangkubumi (angkringan depan KR )dan sekitar stasiun tugu. Anda dapat menikmati makan dipinggir jalan beralaskantikar yang hanya ditemukan di Yogyakarta. (Hermin)

Tulisan ini telah dimuat pada Nuansa Kabar Edisi ... dalam rubrik ...
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: